Beranda/ Kajian /Apakah lisensi Creative Commons memengaruhi semua pengeculian dan pembatasan hak cipta seperti penggunaan wajar?

Apakah lisensi Creative Commons memengaruhi semua pengeculian dan pembatasan hak cipta seperti penggunaan wajar?

Tidak. Semua lisensi CC memiliki syarat mengenai pengecualian dan batasan, seperti berikut: “Tidak ada bagian apa pun di dalam Lisensi ini yang dimaksudkan mengurangi, membatasi, atau menghalangi penggunaan bebas apa pun dari hak cipta atau hak-hak yang muncul dari pembatasan atau pengecualian yang diberikan sehubungan dengan perlindungan hak cipta tersebut sesuai dengan undang-undang hak cipta atau hukum yang berlaku lainnya.”

Hukum nasional di berbagai negara memungkinkan, paling tidak, beberapa penggunaan materi berhak cipta tanpa izin pencipta, dan dapat mencakup penggunaan seperti pengutipan, pelaporan keadaan saat ini, atau pembuatan parodi. Pengecualian ini bervariasi dan bergantung pada hukum yang berlaku. Penggunaan wajar adalah pengecualian untuk hak cipta yang mungkin relevan dengan penggunaan ciptaan berlisensi CC berdasarkan hukum yang berlaku di negara Anda.


Tags: