Beranda/ Berita /Apakah Creative Commons itu dan apa kegiatannya?

Apakah Creative Commons itu dan apa kegiatannya?

Creative Commons (CC) adalah organisasi nirlaba global yang memberdayakan penyebaran dan penggunaan ulang kreativitas dan pengetahuan melalui penyediaan perangkat hukum bebas. CC memiliki afiliasi di seluruh dunia yang membantu memastikan lisensi kami dapat diterapkan secara internasional dan membangkitkan kesadaran tentang upaya kami. Perangkat hukum kami membantu orang-orang yang ingin mendorong penggunaan ulang ciptaan mereka dengan menawarkan penggunaan ciptaan tersebut di bawah persyaratan yang dermawan dan terstandardisasi, membantu orang-orang yang ingin menggunakan ciptaan secara kreatif, serta membantu orang-orang yang ingin memperoleh keuntungan dari simbiosis ini. Visi kami adalah untuk membantu orang lain mewujudkan potensi penuh internet. Untuk mewujudkan visi kami, CC memiliki lisensi CC yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Meskipun Creative Commons terutama dikenal dengan lisensinya, upaya kami meluas melampaui penyediaan lisensi hak cipta. CC menawarkan berbagai perangkat hukum dan teknis lain yang juga memfasilitasi penyebaran dan penemuan ciptaan kreatif. Tidak seperti perangkat hukum publik lain, lisensi dan perangkat Creative Commons dirancang khusus untuk digunakan di web, yang membuat konten yang disediakan dengan persyaratan lisensi ini mudah dicari, ditemukan, dan digunakan. CC juga menawarkan perangkat hukum lain, seperti CC0, suatu dedikasi domain publik bagi pemegang hak cipta yang ingin melepas ciptaan mereka sebagai domain publik sebelum habisnya masa berlaku hak cipta, serta Tanda Domain Publik, suatu perangkat untuk menandai ciptaan sebagai suatu domain publik di seluruh dunia. Lebih lanjut, Creative Commons menyediakan perangkat untuk digunakan oleh komunitas ilmiah, seperti penjanjian transfer bahan standar.

Untuk informasi selengkapnya tentang CC, situs web utama kami memberikan informasi lebih dalam tentang organisasi, staf dan dewan direksi, sejarah, serta pendukung CC. Anda juga dapat membaca berbagai CC studi kasus untuk mempelajari beberapa cara inspiratif tentang bagaimana lisensi dan perangkat CC telah digunakan untuk berbagi ciptaan dan mendukung model bisnis inovatif. Anda juga dapat menemukan informasi mutakhir tentang CC dengan mengunjungi blog kami.


Tags: