Beranda/ Kajian /Manakah yang harus dipilih, lisensi internasional atau lisensi adaptasi?

Manakah yang harus dipilih, lisensi internasional atau lisensi adaptasi?

Tergantung apa yang Anda inginkan. Ada beberapa alasan mengapa lisensi internasional lebih disukai, walau lisensi adaptasi telah ada di dalam yurisdiksi pemberi lisensi. Sebagai contoh, seluruh isi lisensi CC berada di bawah lisensi internasional karena, salah satu alasannya, lisensi internasional adalah netral dan tidak memihak satu yurisdiksi tertentu, dan dapat efektif berlaku secara global. Sifat netral dari lisensi internasional menjadi menarik di mata banyak orang dan organisasi, terutama untuk penggunaan yang terkait dengan proyek-proyek global yang melampaui batas-batas politik, karakteristik umum budaya digital saat ini.

Selain itu, lisensi adaptasi untuk beberapa yurisdiksi belum sampai pada versi 3.0, yang berarti pemberi lisensi yang menggunakan lisensi tersebut tidak mendapatkan manfaat dari perbaikan yang dilakukan dalam paket lisensi 3.0. Selain itu, lisensi BerbagiSerupa 3.0 tidak bersesuaian dengan versi sebelumnya, sehingga penerima lisensi tidak dapat membuat adaptasi dari ciptaan-ciptaan yang ditawarkan di bawah lisensi BerbagiSerupa 3.0 (seperti yang terjadi pada halaman Wikipedia) dan tidak pula dapat menawarkan ciptaan-ciptaan baru di bawah lisensi versi sebelumnya. Pada akhirnya, penting untuk mengetahui bahwa beberapa dari lisensi adaptasi berisi ketentuan pilihan hukum, yang mungkin tidak diinginkan dalam kebutuhan lisensi Anda.

Di samping berbagai manfaat ini, beberapa pemegang hak cipta masih memilih untuk menggunakan lisensi adaptasi karena ada aturan hukum nasional yang tidak secara eksplisit diatur dalam lisensi internasional. Sebagai contoh, di Uni Eropa, beberapa pemberi lisensi memilih untuk menggunakan lisensi adaptasi karena semua versi lisensi 3.0 di Uni Eropa didasarkan pada European Database Directive sebagaimana pula diterapkan dalam hukum nasional. Sementara itu, lisensi internasional tidak melakukan hal ini. Jika lisensi telah diadaptasi dalam yurisdiksi Anda dan Anda merasa bahwa lisensi adaptasi dalam yurisdiksi Anda adalah menerapkan hukum nasional dengan lebih baik, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan lisensi adaptasi.

Gunakan basis data yurisdiksi untuk membandingkan lisensi internasional dan lisensi adaptasi pada isu-isu ini dan hal lainnya, seperti apakah lisensi adaptasi berisi klausul pilihan hukum atau pilihan forum.


Tags: