Beranda/ Kajian /Apa yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan lisensi Creative Commons pada suatu ciptaan?

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan lisensi Creative Commons pada suatu ciptaan?

Menerapkan lisensi Creative Commons untuk ciptaan Anda adalah keputusan yang serius. Bila Anda menerapkan lisensi CC untuk ciptaan Anda, Anda memberikan izin kepada siapapun untuk menggunakan ciptaan selama jangka waktu berlakunya hak cipta, kecuali adanya pelanggaran terhadap lisensi.

CC telah mengidentifikasi beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda menerapkan lisensi CC terhadap ciptaan Anda, beberapa di antaranya berhubungan dengan kemampuan Anda untuk menerapkan lisensi. Berikut adalah beberapa pertimbangan:

  • Apakah ciptaan tersebut tunduk pada hak cipta? Lisensi CC tidak berlaku untuk ide-ide, fakta, atau isi yang dinyatakan tidak berhak cipta. Negara yang berbeda memiliki standar yang berbeda untuk apa yang bisa dan tidak bisa didaftarkan dalam hak cipta atau telah menjadi milik publik.
  • Apakah Anda memiliki ciptaan tersebut? Apakah Anda dinyatakan berwenang untuk melisensikan ciptaan tersebut di bawah lisensi CC spesifik yang mana Anda tertarik untuk gunakan? Anda tidak dapat menerapkan lisensi terhadap ciptaan yang bukan milik Anda atau bahwa Anda tidak berwenang untuk melisensikannya.
  • Apakah Anda tahu bahwa lisensi CC tidak dapat dibatalkan? Anda bebas untuk berhenti menyebarkan ciptaan di bawah lisensi CC pada setiap saat, namun hal ini tidak akan mempengaruhi hak-hak yang terkait dengan salinan ciptaan Anda yang sudah beredar tanpa adanya pelanggaran terhadap lisensi tertentu (yang tidak mempengaruhi penggunaan terus menerus dari ciptaan oleh penerima lisensi lainnya).
  • Apakah Anda seorang anggota organisasi pengumpul royalti? Jika jawabannya adalah ya, Anda harus memastikan bahwa Anda dapat menggunakan lisensi CC untuk ciptaan-ciptaan Anda.
  • Baca seluruh syarat dan kondisi dari lisensi tertentu yang akan Anda gunakan. Beberapa lisensi adaptasi memuat ketentuan-ketentuan khusus yang dapat mempengaruhi pilihan Anda, seperti ketentuan pilihan hukum. Anda juga mungkin ingin mengakses basis data yurisdiksi untuk mencari lisensi yang berisi pilihan hukum dan/atau syarat dan ketentuan lainnya yang mungkin Anda rasa relevan dengan pilihan lisensi Anda.

Tags: