Beranda/ Kajian /Apa yang harus dilakukan jika seseorang mencoba membatasi suatu ciptaan dengan DRM?

Apa yang harus dilakukan jika seseorang mencoba membatasi suatu ciptaan dengan DRM?

Penggunaan alat DRM atau setiap tindakan perlindungan teknis lainnya oleh penerima lisensi untuk mencegah pihak lain menggunakan hak yang diberikan berdasarkan lisensi adalah dilarang. Semua lisensi CC melarang pengguna untuk “melekatkan tindakan teknologi yang efektif terhadap ciptaan yang membatasi kemampuan penerima ciptaan dari Anda untuk menggunakan hak yang diberikan kepada penerima di bawah aturan Lisensi.”

Tidak semua batasan enkripsi atau akses dilarang oleh lisensi. Sebagai contoh, konten yang dikirim melalui surel dan dienkripsi dengan kunci yang diketahui oleh penerima tidak membatasi penggunaan ciptaan oleh penerima. Demikian pula dalam hal membatasi penerima untuk dikelompokkan dalam sebuah kelompok pengguna (misalnya, dengan nama pengguna dan kata sandi) tidak membatasi penggunaan ciptaan oleh penerima. Contoh-contoh ini tidak bertentangan dengan larangan DRM karena penerima tidak dicegah dari menggunakan hak yang diberikan oleh lisensi (termasuk hak-hak redistribusi lebih lanjut).

Jika Anda mengetahui seseorang menggunakan langkah-langkah perlindungan teknis terhadap ciptaan Anda yang berlisensi CC, Anda mungkin ingin menghubungi mereka secara langsung untuk mengatasi hal ini atau meminta seorang pengacara untuk mewakili Anda.


Tags: