Beranda/ Kajian /Apa yang dimaksud dengan lisensi Creative Commons "terbaca-mesin"?

Apa yang dimaksud dengan lisensi Creative Commons "terbaca-mesin"?

Creative Commons memiliki CC REL sebagai cara untuk menghubungkan metadata lisensi terbaca-mesin dengan ciptaan di bawah lisensi CC. Sebelum Creative Commons mengembangkan CC REL, sulit bagi mesin untuk memastikan apakah sebuah ciptaan telah ditandai dengan lisensi CC. Juga tidak ada tempat standar yang terprediksi untuk menempatkan metadata tentang lisensi (misalnya, pranala sumber ciptaan atau pernyataan perlunya atribusi).

Metadata terbaca-mesin berdasarkan standar metadata yang diterima baik menciptakan sebuah platform di mana layanan dan aplikasi baru dapat dibangun. Perangkat lunak dan layanan dapat mendeteksi lisensi CC dan rincian lisensi seperti yang dijelaskan oleh metadata. Sebagai contoh, pada banyak situs dan mesin pencari seperti Google dan Flickr, Anda dapat menjalankan pencarian untuk menyaring ciptaan di bawah lisensi CC tertentu. Selain itu, lisensi CC dapat secara otomatis membuat kode atribusi yang dapat Anda salin rekat sehingga pengguna dapat dengan mudah memenuhi persyaratan BY dari lisensi. Bila Anda klik pada lisensi CC atau lencana dari sebuah laman dengan metadata lisensi, Anda mendapatkan kode HTML atribusi yang dapat disalin rekat dalam laman lisensi tersebut. Kode HTML yang didasarkan pada metadata RDFa tersedia pada ciptaan aslinya.

Seluruh kode HTML yang didapatkan melalui pemilih lisensi CC secara langsung dianotasikan dengan metadata in RDFa format.


Tags: